Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik di Rumah

Cara Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik di Rumah - Sebelum kita membahas lebih lanjut ada baiknya kita paham apa itu Korsleting Listrik? Kenapa bisa terjadi Kebakaran? Apa saja yang harus diperhatikan?. Postingan ini akan membahas cara mencegah kebakaran akibat korsleting listrik dirumah.
 
Kebakaran merupakan salah satu bencana yang masih sangat sering kita dengar dan temukan saat ini, penyebabnya juga beragam baik dari alat masak maupun akibat korsleting listrik.
 
Korsleting Listrik atau biasa kita sebut hubungan pendek, hubungan pendek disini yaitu suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil yang dapat mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar. Jika sudah terjadi hubungan pendek seperti ini dapat menimbulkan ledakan bahkan sampai berujung kebakaran, jelas ini sangat berbahaya dan perlu diperhatikan cara mencegahnya.


Penyebab terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting itu beragam, bisa dari kesalahan atau kerusakan alat yang digunakan maupun kelalaian manusia contohnya saja mulai dari hal kecil yaitu membebankan terminal listrik secara terus menerus. Penggunaan alat listrik yang tidak bagus juga bisa jadi sebabnya dipastikan anda memperhatikan penggunaan saklar, terminal dan perlatan rumah lainnya yang menggunakan listrik dengan kualitas terbaik.

Jika anda sudah memahami tentang korsleting listrik tentu saja ini dapat kita jadikan pelajaran dalam penggunaan listrik secara wajar dan bijak dan tidak berlebihan sesuai dengan yang dianjurkan oleh PLN.

Pencegahan akan terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting listrik tentu adalah hal utama yang harus kita ketahui karena kita tidak bisa bernegosiasi lagi untuk soal keamanan, untuk itu perhatikan beberapa hal yang harus kita ketahui terkait cara mencegahnya.
 

Cara Mencegah Kebakaran karena Korsleting Listrik

Jangan menempelkan atau mencolokan terminal secara berlebihan

Penggunaan berlebihan pada terminal listrik atau yang biasa disebut rolan untuk penggunaan berbagai peralatan dirumah tentu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan hangus dan gosong, gunakan dengan wajar jangan sampai terminal terhubung dengan banyak peralatan elektronik.

Gunakan peralatan listrik dengan kualitas terbaik (SNI atau LMK)

Banyak dari kita menyepelekan kualitas demi harga yang murah, perlu diingat demi keamanan kita tidak bisa bernegosiasi lagi, gunakan selalu peralatan listrik dengan kualitas terbaik.

Perhatikan tusuk kontak yang longgar

Saat anda menggunakan tusuk kontak pastikan sudah masuk atau tercolok dengan benar dan tidak longgar ataupun goyang, untuk listrik harus benar-benar tersabung dengan penuh tidak boleh sebarangan setengahnya seperti tusuk yang longgar.

Cek dan perhatikan kualitas kabel

Anda harus memperhatikan kualitas kabel dan penggunaannya, jangan gunakan kabel yang sudah rusak kemudian membiarkan begitu saja berantakan dengan kabel lainnya ini sangat berbahaya bila terjadi hubungan arus pendek.

Perawatan oleh petugas listrik yang handal

Tentu saja perawatan dan pemasangan hanya dilakukan oleh petugas listrik yang handal dan professional, disarankan untuk anda tidak mencoba mengutak-atik peralatan listrik sendiri bila tidak paham dengan betul, selain berbahaya akan strum dari listrik kesalahan penyambungan atau penerapan dapat menyebabkan korsleting listrik.

Matikan listrik langsung dari kWh Meter

Jika terjadi korsleting listrik yang menimbulkan kebakaran menyebabkan MCB tidak berfungsi dengan baik anda diharuskan untuk mematikan listrik langsung dari kWh Meter. Sangat tidak disarankan menyiram sumber kebakaran tersebut.

Demikian informasi dari PLN Publik tentang Cara Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik di Rumah, semoga bermanfaat dan menambah wawasan semua. karena lebih baik mencegah dari pada mengobati termasuk mencegah adanya kebakaran karena korsleting listrik.

Posting Komentar untuk "Cara Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik di Rumah"