Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Listrik Bagi Manusia? Berikut 3 Manfaat di Antaranya!

Hingga kini peran listrik telah menyentuh berbagai aspek kehidupan dan pertanyaan mengenai apa manfaat listrik bagi manusia adalah pertanyaan yang tidak perlu dijawab sebenarnya namun hanya butuh pengalaman empiris untuk merasakannya.

Sejak abad 19, listrik memang dikembangkan secara serius karena diyakini akan sangat bermanfaat bagi manusia. Mulai dari era Faraday menemukan induksi elektromagnetik hingga Alva Edison yang menemukan lampu pijar

Manfaat Listrik Bagi Kehidupan Manusia


Kehadiran listrik mengantarkan teknologi dan informasi berkembang pesat. Di antara begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan, berikut adalah 3 manfaat listrik di antaranya.

1. Sebagai Penerangan

Bagaimana perasaan Anda jika melewati sebuah jalan yang sepi di malam hari nan gelap gulita. Tentu menakutkan dan berbahaya. Anda butuh penerangan agar bisa melihat arah jalan dan melintasinya dengan aman.

Penemuan lampu pijar oleh Alva Edison menghadirkan inovasi modern. Kini Anda tidak perlu menggunakan lentera minyak dan obor untuk dapat menerangi kamar, sudah ada listrik yang memudahkan Anda menghidupkan dan mematikan lampu hanya dengan menekan saklar.

2. Sumber Energi

Kemajuan zaman sejak ditemukannya listrik mendorong berbagai inovasi. Salah satunya dalam kreasi energi. Bisa kita saksikan sendiri sekarang hampir seluruh peralatan menggunakan sumber energi listrik.

Mulai dari smartphone yang selalu kita genggam setiap saat sampai sepeda motor dan bermacam jenis alat transportasi lainnya telah menggunakan listrik sebagai sumber energi utama. Lebih dari itu, banyak pembangkit listrik yang menggunakan bermacam unsur alam sebagai sumber tenaga konversi yang terbarukan.

3. Sumber Panas

Salah satu aplikasi pemanfaatan listrik sebagai sumber energi adalah pada media penghasil panas yang telah diterapkan di berbagai alat elektronik. Mulai dari setrika listrik yang sekarang tidak lagi menggunakan arang sebagai sumber panasnya, kompor listrik, rice cooker sampai solder. Listrik memang cukup fleksibel untuk dikonversikan ke berbagai jenis energi.

Selain 3 manfaat di atas, yang bisa dijawab atas pertanyaan apa manfaat listrik bagi manusia adalah dampak teknologi khususnya komunikasi yang semakin mudah dan flesibel serta arus informasi yang sangat cepat diakses semakin memperjelas peran listrik dalam tataran zaman.

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Listrik Bagi Manusia? Berikut 3 Manfaat di Antaranya!"