Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Jauh Michael Faraday, Sosok Penemu Listrik Pertama Kali

Jika ditanya siapakah bapak listrik modern maka bisa dipastikan jawabannya adalah Michael Faraday selaku penemu listrik pertama kali. Namun dibalik nama besar dan kesuksesannya, terdapat beragam kisah perjalanan yang bisa menjadi inspirasi bagi manusia di zaman ini. Eksistensi tak semata-mata membutakan, di balik itu perlu ada intropeksi dan evaluasi.

Faraday dan Magnetisme


Faraday lahir di Inggris pada 22 September 1791, lebih tepatnya di Newington Butts. Sumbangsih Faraday di dunia listrik dan teknologi membuatnya dijuluki sebagai “Bapak Listrik Dunia”.

Ia sangat gemar belajar dan cukup kompeten di beberapa bidang, khususnya elektrokimia dan elektromagnetisme. Faradaylah yang menemukan induksi elektromagnetik yang di kemudian hari berperan pada ditemukannya pembakar Bunsen oleh Robert Bunsen, yakni alat guna menghasilkan nyala api yang dipakai dalam proses sterilisasi, pemanasan dan pembakaran.

Pemahaman dan penyampaian Faraday mengenai magnetisme membuka jalan untuk ide, hipotesis dan teori elektromagnetik lebih luas lagi. Idenya tersebut menjadi populer di masyarakat berkat pendekatan rasional yang dilakukan dalam mengembangkan teori yang dimiliki.

Faraday banyak melakukan eksperimen tentang elektromagnetik. Percobaan pertama yang Faraday lakukan mampu menghasilkan penguraian magnesium sulfat yang mana ia lakukan dengan modal 7 buah koin setengah sen sebagai konstruksi volta yang ditumpuk bersama 7 lembaran seng dan 6 lembar kertas yang dibasahi air garam.

Sebenarnya Faraday bukanlah orang pertama yang menemukan elektromagnetisme. Gagasan penelitian Faraday justru baru lahir ketika H. C. Orsted pada tahun 1821 mengumumkan fenomena elektromagnetisme untuk kali pertama. Sejak itu Faraday mulai melakukan riset-riset untuk memperoleh rotasi elektromagnetik.

Temuan Faraday terhadap homopolar motor, menjadi fondasi penting dalam perkembangan teknologi elektromagnetik. Eksperimen yang menjadi inovasi modern Faraday adalah induksi elektro magnetik timbal-balik yang melahirkan sintesis bahwa medan listrik dapat didapatkan dari perubahan yang terjadi pada medan magnet.

Konklusi Faraday tersebut di kemudian hari berhasil dijabarkan melalui model ekspalanasi matematika oleh James Clerk Maxwell dan masyhur sebagai Hukum Faraday. Penemu listrik pertama kali ini menghembuskan nafas terakhirnya pada 25 Agustus 1867 di umur 75 tahun di Middlesex, Inggris.

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Michael Faraday, Sosok Penemu Listrik Pertama Kali"