Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Para Ilmuwan Penemu Lampu Sebelum Alva Edison

Banyak orang berpendapat bahwa penemu lampu adalah Thomas Alva Edison. Tak heran mengetahui hal tersebut mengingat sejak SD dan di banyak literatur pun menyebutkan bahwa Alva Edison adalah orang yang kali pertama menemukan lampu pijar.

Namun tahukah Anda bahwa sebelum Alva Edison sukses menemukan lampu pijar, terdapat 3 orang ilmuwan yang juga mengupayakan hal yang serupa. Jangan terkejut dan bersabar, berikut adalah tiga orang penemu lampu sebelum Alva Edison.


Tiga Orang Penemu Lampu Sebelum Alva Edison

1. Warren de la Rue

Di awal abad ke-19, ilmuan asal Inggris, Warren de la Rue dengan kumparan platinumnya telah membuat lampu pijar. Namun sayang inovasinya tersebut dinilai terlampau mahal dan juga kurang tahan lama.

Meski gagal, apa yang telah dilakukan oleh Warren de la Rue telah memberi inspirasi dan asa bagi para ilmuwan zaman berikutnya. Lampu buatan gagal dipasarkan karena mahal dan tidak awet atau cepat mati.

2. R. Glove

Salah satu ilmuwan yang ikut terpantik mengupayakan temuan ini adalah W. R. Glove. Tahun 1840, Glove membuat lampu pijar yang cukup praktis bagi sebuah lampu listrik dengan elemen yang masih sama dengan Warren de la Rue yakni kumparan platinum.

3. W. Swan

Setelah Warren de la Rue dan W. R. Glove, ada ilmuwan lain yang meneruskan perkembangan lampu pijar dan orang itu adalah Sir Joseph Wilson Swan. Swan melakukan eksperimen dan penelitian lebih lanjut pada tahun 1860.

Lampu pijar ciptaan Swan adalah hasil optimalisasi kertas karbonisasi dan asam sulfat sebagai pemroses serat kapas. Meski cukup inovatif, namun lampu karya Swan ini masih memiliki kekurangan, sebab menyebabkan bola lampu jadi menghitam.

Setelah tiga ilmuwan tadi, akhirnya Alva Edisonlah yang muncul sebagai sosok penyempurna lampu pijar. Lampu yang dikembangkan Alva Edison berhasil dipatenkan pada tahun 1879 dan menjadi acuan patokan produksi lampu modern. Meskipun Alva Edison sendiri tidak langsung mudah menyempurnakan dan ia melakukan banyak percobaan selama bertahun-tahun hingga berhasil.

Posting Komentar untuk "Mengenal Para Ilmuwan Penemu Lampu Sebelum Alva Edison"