Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riwayat Singkat Hidup Nikola Tesla

Sebagai seorang penemu dan ilmuwan, nama Nikola Tesla tentu sudah masyhur di telinga banyak orang. Orang yang telah berjasa atas sumbangsihnya menemukan sistem arus listrik AC atau arus bolak-balik ini, tentu akan dikenang oleh dunia mengingat dampaknya yang kian masif di zaman sekarang.


Di balik keahlian dan temuannya yang terkenal, banyak orang belum mengetahui mengenai riwayat kehidupan fisikawan asal Kroasia ini. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut adalah ulasan singkat kehidupan Tesla.

Lahir dan Besar di Kroasia, Berjaya di Amerika

Tidak ada yang menyangka bahwa kelahiran seorang bayi laki-laki nan imut pada 10 Juli 1856 di sebuah desa kecil di Kroasia yang bernama Smiljan di daerah Lika ini akan memberi penemuan yang hebat yang masih terasa manfaatnya hingga detik ini. Tesla lahir ketika Kroasia masih berada di bawah Kekaisaran Austria, jauh sebelum Yugoslavia ada.

Tesla menekuni bidang fisika dan teknik hingga menuntaskan pendidikannya pada tahun 1870-an. Setelah itu ia sempat bekerja untuk perusahaan Alva Edison pada awal 1880-an.

Tesla pindah ke New York, Amerika Serikat pada tahun 1884. Di New York ia banyak berkembang dan melakukan eksperimen hingga sukses menjadi ilmuwan besar dan berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika Serikat.

Setelah keluar dari Edison Machine Works, di New York Tesla memutuskan untuk mendirikan laboratorium pribadi dengan suntikan dana dari salah seorang rekannya. Lab tersebut dibuat untuk mengembangkan bermacam peralatan mekanik dan listrik.

Temuan Tesla yang fenomenal dan masih dipakai hingga sekarang adalah penemuan mengenai motor induksi arus bolak-balik yang berhasil memperoleh lisensi di tahun 1888 oleh Westinghouse Electric.

Tak berhenti di situ, Tesla terus bereksperimen. Ia mencoba dengan berbagai jenis opsi mulai dari tabung lucutan listrik, osilator/generator mekanik hingga pencitraan X-ray.

Tahun 1890-an, Tesla melakukan eksperimen tenaga frekuensi tinggi di Colorado Springs dan New York dalam rangka mengembangkan distribusi tenaga listrik dan penerangan nirkabel. Setelah itu, masih banyak eksperimen yang telah dilakukan Nikola Tesla sepanjang hayatnya hingga ia wafat pada 7 Januari 1943 di New York City.

Posting Komentar untuk "Riwayat Singkat Hidup Nikola Tesla"