Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Meteran Listrik Muncul Tulisan Periksa

Cara Mengatasi Meteran Listrik Muncul Tulisan Periksa - Kemunculan tulisan periksa yang terjadi pada meteran listrik jenis prabayar atau pulsa yang ada dirumah tentu dapat membuat kita bingung dan sedikit panik karena jika tulisan periksa muncul maka kita tidak dapat pula memasukan token listrik, biasanya kebanyakan dari orang langsung menghubungi petugas pln untuk mengatasi meteran listrik periksa.

Sebelum menghubungi petugas pln ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu kenapa meteran listrik menjadi periksa dan bagaimana cara mengatasi meteran listrik muncul periksa sendiri, seperti yang akan kami bahas dalam artikel ini. Kami akan memberikan informasi penyebab dan cara mengatasi meteran listrik yang muncul tulisan periksa dengan mudah.


Tulisan periksa yang muncul dimeteran listrik anda tentu tidak muncul begitu saja tanpa sebab dan maksudnya, biasanya tulisan periksa pada meteran listrik juga diikuti dengan munculnya sebuah ikon tangan stop pada layar lcd kWh tersebut. Sebabnya bisa dari kesalahan meteran sendiri maupun beberapa faktor lainnya yang memicu tulisan periksa ini muncul, berikut ini kami berikan informasi lengkapnya:

Penyebab Meteran Listrik "Periksa"

Instalasi atau Kabel yang buruk

Ini bisa menjadi penyebab meteran listrik menjadi periksa karena jenisnya yang digital dan keamanan yang ketat meteran ini akan mendeteksi secara otomasi setiap kesalahan yang terjadi, contohnya kabel sudah termakan usia atau tidak layak maupun perbedaan arus masuk dan keluar listrik.

Arus listrik yang bocor

Mengalami kebocoran arus listrik juga bisa menjadi sebab muncul periksa pada meteran listrik yaitu karena cara penyambungan atau kabel yang buruk
 

Arus Balik pembumian (grounding)

Grounding atau arus balik pembumian yang buruk dapat menjadi salah satu penyebab, maka dari itu instalasi listrik harus dilakukan oleh orang yang professional atau berpengalaman.
 

Tombol temper terbuka

Kerusakan atau terbukanya tombol temper bisa juga menjadi penyebab karena meteran akan mendeteksi otomatis jika ada yang mencoba membuka paksa box meteran listrik prabayar tidak sesuai dengan standar.

Kehabisan Token Listrik Pulsa sampai 0 atau Telat isi Token

Meskipun ini jenis prabayar anda tidak boleh terlalu sering telat mengisi atau sampai pulsa meteran listrik sampai 0 ini bisa saja merusak sistem yang ada pada meteran listrik.

Kerusakan Meteran Listrik Prabayar

Tentu saja kerusakan dapat menjadi penyebab, karena meteran sebuah alat pasti ada saatnya rusak atau kesalahan yang terjadi sewaktu-waktu

Banyak sekali penyebab yang dapat menimbulkan tulisan periksa pada meteran listrik maka dari itu perawatan dan pemilihan alat seperti kabel atau jasa instalasi listrik harus yang bagus dan professional untuk mencegah terjadinya meteran listrik periksa

Jika anda sudah paham dan mengetahui penyebab meteran listrik pln periksa anda juga harus mengetahui cara mengatasinya sendiri maupun dengan bantuan petugas.

Mengatasi Meteran Listrik "Periksa"

Mereset Kode Temper

Melakukan reset pada kode temper merupakan solusi sederhana biasanya karena kehabisan token listrik sampai 0. Caranya cukup hubungi Kantor/Petugas PLN terdekat untuk mendapatkan kode Temper, Jika sudah dapat Masukan Kode Terserbut lalu Enter. Masalah terselesaikan.
 

Memerika Instalasi Listrik (hanya dilakukan petugas)

Pemeriksaan instalasi listrik pastikan hanya dilakukan oleh petugas karena ini cukup berbahaya bagi yang tidak mengerti dan memahami soal listrik, nanti petugas akan melakukan cek dan memberikan solusinya langsung.
 

Mengganti Meteran Listrik

Ini adalah solusi terakhir jika semua solusi tidak berhasil yang berarti meteran listrik yang mengalami kerusakan maka diperlukan untuk melakukan penggantian terhadap meteran listrik prabayar yang bertuliskan periksa. Langsung hubungi kantor PLN terdekat atau petugas PLN yang anda kenal.
 
Seperti itulah Cara Mengatasi Meteran Listrik Muncul Tulisan Periksa semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua seputar meteran listrik yang menjadi periksa, selalu diperhatikan dalam memasang instalasi listrik dengan standar dan jangan sampai kehabisan token listrik sampai nol kembali agar tidak menyusakan anda sendiri.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Meteran Listrik Muncul Tulisan Periksa"

  1. Apakah setiap isi token harus telpon PLN??? Sepertinya tidak efektif....

    BalasHapus

Jika tidak mendapatkan tanggapan dikomentar silahkan hubungi kami melalui fanspage PLN Publik maupun halaman kontak yang ada diblog Ini